Sunday, June 16, 2013

Beri Dukungan, Bukan Tuntutan




Minggu malam, 16 Juni 2013, sekitar pukul sepuluh, mimin dapet email dari seorang perempuan yang sudah menikah lebih dari setahun, dan expecting to have a child… Kalau kebetulan baca blog mimin ini, kami doakan cepet dapet momongan yang lucuuu yaaa ;)

Kembali ke laptop.

Intinya dia cerita:

Tadi siang, saya dtg ke kawinan sahabat, terjadilah ya kan pertemuan bapak ibu muda dgn anak2nya, kebetulan dia itu katanya followersnya @id_ayahasi .. Terus dia blg, ketemen saya : ih anaknya lucu tapi sufor sih sayang, beda sm anak gw anak asi, .. Lo ga follow @id_ayahasi ya..

Temen saya mendadak nangis karena memang dia tdk bs mengeluarkan asi itu krn secara medis dia ga bisa (saya agak kurang mengerti sih namanya apa ya) dia sudah usaha sampe dia tiap malam nangis minta maaf sama anaknya krn ga bs kasih asi..

Kemudian teman saya yg kena baby blues syndrom - dia depresi krn merasa ga bs ngebesarin anaknya sehingga dia ga bs keluarin asi krn stress..
Juga ditekan karena asi tidak keluar oleh kawan2 yg juga katanya followers..

Sebelumnya sori nih ye klo pernah ada twit mimin yang sampe nge-judge mereka yang mengalami masalah menyusui. Kami tidak pernah punya niat untuk menghakimi pasangan manapun soal ASI.

Dear all, @ID_AyahASI dibuat karena pada awalnya kami ingin menulis buku, sharing tentang pengalaman kami mendampingi istri saat baru punya bayi, khususnya di tengah proses menyusui. Kami memosisikan diri sebagai supporter, pendukung, pemberi semangat. 


Spirit itu juga yang ingin kami transfer lewat akun @ID_AyahASI. Kami membuka perbincangan soal ASI, berbagi pengetahuan yang bisa dilengkapi bersama supaya kita sama2 paham kebaikan dan manfaat ASI sebagai asupan terbaik untuk anak. Saling mendukung, saling menyemangati.

Jika ada teman, sahabat, sodara, tetangga, siapapun di sekitar kita yang mengalami kesulitan memberikan ASI, mari kita bantu mereka. Jangan desak dengan cara yang bisa membuat mereka sedih. Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya…

Ayolah kita sharing terus kebaikan ASI, jangan nyerah, gak usah kesel2, gak usah belagu juga, tanpa nge-judge; bareng2 biar temen, sahabat, sodara, tetangga tadi nyaman dengerin support dari kita. Gak gampang emang, tapi kita bawa seru dan asoy aja lah yaa ;)

Btw, ini lanjutan emailnya lagi:

Gue (akhirnya gue2 jg bukan saya2an) hehe.. Agak miris karena, sebagai followers, mimin cs ga pernah kan ngetwit, hinalah anak sufor! Kan gak ada, cuma fakta yg dilapangan "oknum" yg seperti ini kadang gw sayangkan

Gw jg ga bs meminta mimin buat ngontrol mereka, satu2..

Cm inilah min yg terjadi, menurut gw sayang aja dengan isi twitter yg bagus, yang gw blg membantu ibu2 yg tadinya males ng-ASI bisa bersemangat, ayah2 nya jg mau bantu..jadi rusak krn org2 yg salah kaprah..

Emang sih ga ada yg sempurna ya, ada pro kontra ada + dan -

Gw jg bukan org yg mengikuti twit kalian sih, cm kalo sudah pernah ada mgkn di repost lagi min..

"Gimana menyemangati teman yg asinya susah keluar"

"Gimana bersikap dan terus mendukung teman yg tidak bs ASI karena sakit bukan karena malas"

Atau "gimana cara mempengaruhi teman untuk beralih memberikan ASI"

Jadi lebih ditekankan ke toleransinya tanpa meninggalkan pesan baik mengenai meningkatkan pemberian asi untuk bayi..

Mudah2an email panjang gue, ga menyinggung siapapun terutama mimin ya.

Gw cm ga pengen yg sudah bagus malah dijadikan "pembenaran" atas sikap2 yg tidak seharusnya - dalam hal ini mimin sudah menyampaikan dgn baik - cm mudah2an berkurang lah org2 yg jadiin akun ini sebagai kambing hitam atas org2 yg pamer bisa asi kepada teman2 yg ga bs kasih asi..

Keep up the good work min, twit mimin juara tetep, menjadi basic saya kalau one day Tuhan kasih saya kepercayaan memiliki anak...

Siap! Ide topiknya lucu nih hehehe.. Tapi ya overall sih cara menyemangati itu sangat tergantung cara penyampaian yaa.. Yang penting kita saling share terus tentang kebaikan ASI, nah tinggal cara masing2 transfer knowledge ini ke temen, sahabat, sodara, tetangga tadi dehh ;))

Gini2 emang nggak bisa kita cegah sih, tapi mungkin bisa dikurangi.. yaa yang ngasih ASI nge-judge yang nggak, yang nggak ngasih ASI juga nge-judge yang pro ASI.. kan jadinya ribet juga yak x)) pokoknya, udah jelas ASI yang terbaik, gak diperdebatkan lagi; tinggal kuat2an kita ngelawan iklan, promosi produk2 tambahan itu dan cara pemasaran mereka yang ga baik kan? Klo mereka bisa sangat persuasif, menarik, seru.. Kenapa kita nggak? ;))

10 comments:

  1. Bener banget tuh, Min...

    Akhirnya yang pro ASI malah menyombongkan diri kepada mereka yang sufor. Bahkan 140 karakter twitter akhirnya yang bikin pemahaman orang salah kaprah... (meskipun kalau ini diluar kendali para mimin)...

    Semoga followers menjadi lebih bijak menanggapi mereka yang sufor tanpa menjudge ^^

    ReplyDelete
  2. Setujuuu. Karena asi adalah nikmat tuhan yg harus di syukurii. Bukan untuk dibanggakan dan menjatuhkan org" yg ASI nya ga banyak.

    ReplyDelete
  3. Betul..banyak ibu yg sedih ga bisa kasi asi ke anaknya,harusnya mereka dibantu bukan ditertawakan,direndahkan,atau dijudge.pemberian ASI bukan ajang pembuktian diri ke org lain.

    ReplyDelete
  4. Temen saya baru 1 minggu lahiran normal min. Sampai sekarang asinya ga keluar (menurut dia), anaknya sufor dari awal lahir karena dia menganggap asinya ga keluar sama sekali. Kami (saya dan teman2 yg PRO ASI) tetap ngasih semangat dan dukungan tapi tidak menggurui supaya dia bisa menyusui anaknya. Tapi menurut dia, asinya kurang untuk anaknya. Segala macam cara sdh kami kasih tau gimana merangsang payudara supaya asi keluar tapi dia tetap merasa asi kurang untuk bayinya.

    Kita suruh perah asinya, hasilnya cuma 10 ml katanya. Sedangkan anaknya kalo minum sufor 30 ml sekali minum. Jadi gimana lagi solusinya ya min? Kami sudah sarankan untuk konsultasi ke konselor asi, tapi sepertinya tidak dilakukan.

    ReplyDelete
  5. Halo min,
    Mau sharing aja sih huhu..
    Aku emang ada bipolar, jadi rentan depresi. Makanya pas abis lahiran secara sectio sc *sebenernya bisa normal, tapi karena paranoid banget, jadi sectio*. Aku h+2 sampe 1 bulan setelah lahiran kena baby blues terus. Jadi takut banget liat anak sendiri. Sebenernya aku stres ASI ga keluar sama sekali *makin ga keluar kan*. Mungkin akunya juga kurang telaten ngerawat PD..

    One day di family gathering, ada anggota keluarga tante-tante gitu, nge judge kalo anakku cuma dikasih sufor jadinya ntar begini-begitu-begitulah. Aku makin stress banget... Desperate banget padahal baby blues udah mulai berkurang.

    Sekarang baby udah 2 months, pake sufor soya.. Tapi aku niat mau ke klinik ASI/konselor ASI.
    Mohon doanya, dan bagi ibu-ibu yang ASI nya belum keluar, aku harap ga berkecil hati.. Mudah-mudahan selalu ada jalan terbaik.. aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) aku termasuk orang yang gampang stres n begitu stres juga ASI langsung mampet sama sekali g mau keluar..

      harusnya komentar buruk org2 jangan didengerin mba, makin didengerin makin bikin stress, coba cari cara untuk menenangkan pikiran, kl dah tenang, biasanya ASI lancar

      meskipun baru keluar sedikit, keluarin aja terus, gpp sedikit2 lama-lama jadi bukit. Aku juga bukan yg produksi ASI berlimpah, tp demi cita2 anak harus ASI, dikit2 aku kumpulin :)

      Pokoknya semangat ya, n mudah2an dilancarkan ASI-nya
      amiin...

      Delete
  6. Yupzz... asi slalu yg tbaik.. tp bukan berarti qt jadi berhak nge-judge yg ga asi itu lbh jelek... jgn lp juga faktor nutrisi bayi yg utama. intinya kn qt utamakan bayi qt sehat.. klo mmg ud maximal usahanya ttp ga bisa.. apa iya qt korbankan kesehatan bayi qt demi idealisme semata..
    Yg berhasil ngASI jg jgn sampe terlena..usia 6bulan harus kekeuh mpasi rumahannya.. yg sering terjadi emak2 ni pd nyerah kalo udah mulai GTM anaknya dan akhirnya byk yg gagal mencukupi kebutuhan gizi anak2nya...sayang kn jadinya...
    Semangat y moms..mom always knows the best 4 her children... =D

    ReplyDelete
  7. Kyanya sih pemilihan "kata2" utk mendukung ibu2 yg bukan ASIX hrs diperhatikan. maksudnya mau mendukung, cm gara2 kata2nya salah kesannya malah jd ngejudge, menggurui, dan bikin orang tambah stress.

    ReplyDelete
  8. yaa pemilihan kata2nya mungkin agak diperhalus aja atau gimana biar follower ga gitu, soalnya (ha ha ha) jujur waktu saya hamil, blm tau rasanya menyusui saya tiba2 fanatik ASI gr2 follow akun ini, ga taunya pas tau rasanya menyusui dan pas tau lg susahnya kaya apa saya introspeksi. saya nangkepnya saat itu kaya kampanye antiJIL, berkoar-koar macam gitulah. ngeek!

    ReplyDelete
  9. Klo ada kemauan pasti ada usaha.. dan menjadi stress atau depresi *menurut sy* adl anda sudah menyerah dgn usaha. Personally, i will do anything for my son. Sy pernah asi ga kluar.. almost depresi.. alhamdulillah sy berada di negara yg dokter2nya smua pro asi.. slain support dr suami, jg di support oleh pakar kesehatan (read: dokter). Mreka bilang.. tidak ada imun yg plg bagus di dunia kecuali air susu ibu, so u hv to breastfeed him.. sampe dokter tu picit2 payudara saya yg sakitnya ga terkata, then its ok.. rasa sakit tu bs sy tahan.. apapun.. demi anak sy.. demi memberikan yg terbaik utk anak.. sy mungkin antara ibu2 yg bangga krn bs ngasih asi.. tp sy ga men judge sufor tu buruk. Smua terserah pd ibu2 yg sayang pd anak2nya..

    ReplyDelete